Jumat, 12 April 2013

Akimoto Yashushi

Yasushi Akimoto (秋元 康, 2 mei 1956) merupakan Seorang Penulis lirik, Produser sekaligus sutrada di jepang. Sebelum akhir nya terkenal karena mendirikan idol grup Onyako Grup dan AKB 48.

Akimoto mulai menulis sejak di kelas dua sekolah menengah atas, sekitar musim dingin 1973. Ketika belajar untuk ulangan, dia mendengarkan acara komedian Mitsuo Senda di radio NBS. "Kalau cuma begitu, aku juga bisa," pikirnya. Di buku catatan ditulisnya parodi Hikayat Heike dengan Senda sebagai pemeran utama, panjangnya 20 halaman. Tulisan itu dibaca teman sekelas yang lalu mengirimkannya ke radio Nippon Broadcasting System. Ia dipanggil Koushin Okuyama untuk main-main ke studio. Setelah sering mondar-mandir ke studio, Okuyama menerimanya sebagai murid, sebelum nantinya diterima sebagai anggota penulis radio O.K Production.


Pengalaman sebagai penulis lirik dan naskah penyiaran ditulisnya dalam autobiografi "Saraba Mercedes" yang diterbitkan pada tahun1988 dan pada tahun itu juga menikahi Mamiko Takai dari Onyanko Grup. Naskah acara televisi yang ditulisnya adalah All Night Fuji dan Yuuyake Nyan Nyan. Ia sering disebut sebagai tokoh yang mengorbitkan Tunnels dan Onyanko Club. Namun menurut penjelasannya, kedua grup tersebut bukan hasil karya sendiri, melainkan hasil kerjasama dengan orang lain.

Mengenai konsep pendirian AKB48 yang memiliki teater sendiri di Akihabara, ia pernah berkata,

"Konsepsinya ada beberapa tahun yang lalu. Soalnya [saya] terus menerus bekerja di televisi. [Saya] sepertinya merasa iri dengan teater kecil atau band rock yang tidak bisa dilihat di layar kaca, penontonnya sengaja jauh-jauh datang untuk melihat mereka. Kalau televisi, tombol ditekan saja sudah bisa ditonton, tapi menonton pentas teater kecil atau band rock perlu waktu dan uang. Penonton terus bertambah, seperti 10 orang jadi 20 orang, 20 orang jadi 40 orang, 40 orang jadi 80 orang. Penonton "repeater" juga banyak karena [mereka] meminati "materi yang menusuk". Awalnya saya berpikir ingin membuat teater kecil gaya saya, ingin setiap hari mengadakan pertunjukan. Maunya membuat revue yang mempertontonkan lagu dan tari, tapi akhirnya lahir konsep "idola yang bisa ditemui"

Berikut ini Grup yang di dirikan Akimoto Yashusi :

Onyanko Club
Didirikan tahun 1980 beranggotakan 52 orang

Akihabara 48
Didirikan Sekitar tahun 2005 saat ini memiliki 67 anggota
Sakae 48
di bentuk 30 juli 2008 dan memiliki 48 anggota
Saturday Night 48
Dibentuk tahun 2009 bubar tanggal 31 maret 2012


Namba 48
Di bentuk tahun 2010
Nogizaka 46
dibentuk tahun 2011
Hakata48
Dibentuk tahun 2011
Jakarta48
di bentuk 11 september 2011
Taipeh48

Gambar tidak tersedia


Dibentuk tahun 2012












2 komentar:

  1. terimakasih gan telah berkunjung di blog saya gunklaten,

    saya suka sekali AKB48 heavy rotatioan ceweknya cantik-cantik heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaaahhhhh....
      komen pertama di blog ane
      tq kang mas

      Hapus