Jumat, 12 April 2013

Bill Gates

Siapa yang tak kenal orang ini ???
William Henry Gates III atau yang lebih kita kenal dengan nama Bill gates. CEO Mircrosoft Corporation yang lahir pada tanggal 28 oktober 1955 di Seattle, Washington dari pasangan William Henry Gates Sr dan Mary Maxwell Gates. Gates merupakan anak ke dua dari 3 orang bersaudara.

Ayahnya yang seorang pengacara ternama ingin agar Gates mengikuti jejaknya dalam bidang hukum.Tetapi Gates tidak tertarik pada hukum, ketika dia bersekolah di Lakeside school pada usia 13 tahun, sekolah nya itu menyediakan sebuah komputer General Electric untuk siswa-siswi di sekolah itu. Gates tertarik dengan komputer yang mengunakan sistem BASIC itu. Gates berani keluar dari kelas matematikanya demi keingiinan nya mengetahui lebih jauh tentang komputer.

Gates dan teman-teman nya mengerjakan beberapa sistem di komputer itu yaitu diantaranya PDP-10 yang di miliki oleh Central Computer Corporation ( CCC ), yang melarang mereka berempat yakni Bill Gates, Paul Allen,Ric Weiland dan Kate Evans memakai komputer pada liburan musim panas karena mereka mengeksploitasi BUG yang terdapat pada komputer itu.


Pada akhir masa larangan mereka keempat siswa ditawarkan untuk menemukan bug di perangkat lunak CCC dengan imbalan waktu komputer. Bukannya memakai sistem via Teletype, Gates pergi ke kantor CCC dan mempelajari kode sumber berbagai program yang berjalan di sistem tersebut, termasuk program dalam bahasa FORTLAN,LISP, dan bahasa mesin. Perjanjian dengan CCC ini berlanjut hingga 1970, ketika perusahaan ini bangkrut. Pada tahun berikutnya, Information Sciences, Inc. mempekerjakan empat siswa Lakeside tersebut untuk menulis program pembayaran gaji dalam bahasa COBOL dan memberi mereka waktu komputer dan royalti. Setelah pengurusnya sadar akan kemampuan pemrogramannya, Gates menulis program komputer sekolah untuk membuat jadwal kelas siswa. Ia memodifikasi kode sehingga ia ditempatkan di kelas-kelas yang didominasi perempuan. Ia kemudian menyatakan bahwa "sulit sekali menarik diri dari mesin yang mampu aku gunakan untuk mendemonstrasikan kesuksesan secara jelas." Pada usia 17 tahun, Gates dan Allen membentuk suatu usaha bersama bernama Traf-O-data, untuk menciptakan penghitung lalu lintas berbasis prosesor Intel 808. Pada awal 1973, Bill Gates bekerja sebagai pembantu kongres di Dewan Perwakilan Rakyat AS.

Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973. Ia memperoleh nilai 1590 dari total 1600 pada ujian SAT dan berkuliah di Harvard College pada musim gugur 1973. Di Harvard, ia bertemu dengan Steve Ballmer, yang kelak menggantikan Gates sebagai CEO Microsoft.

Gates tidak punya rencana belajar tetap ketika menjadi mahasiswa di Harvard dan menghabiskan banyak waktunya dengan menggunakan komputer sekolah. Gates masih berkomunikasi dengan Paul Allen, dan ia bergabung dengannya di Honeywell pada musim panas 1974. Pada tahun berikutnya, MITS alfair 8080 berbasis CPU intel 8080 diluncurkan, dan Gates dan Allen melihat peluncurannya sebagai kesempatan untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak komputer sendiri. Ia telah membicarakan keputusan ini bersama orang tuanya yang sangat mendukungnya setelah mereka melihat antusiasme Gates untuk mendirikan perusahaan.

Bill Gates ( kanan ) ketika masih bersekolah

Microsoft meluncurkan versi ritel pertama Microsoft windows pada 20 November 1985, dan pada bulan Agustus, perusahaan ini mencapai persetujuan dengan IBM untuk mengembangkan sistem operasi terpisah bernama OS/2. Meski kedua perusahaan ini berhasil mengembangkan versi pertama dari sistem ini, perbedaan kreativitas merusak kerjasama ini. Gates mengeluarkan memo internal pada 16 Mei 1991 yang mengumumkan bahwa kerjasama OS/2 berakhir dan Microsoft mengalihkan operasinya ke pengembangan kerrel windows NTT

Sejak pendirian Microsoft tahun 1975 hingga 2006, Gates mempunyai tanggung jawab besar terhadap strategi produk perusahaan. Ia secara agresif memperluas jajaran produk perusahaan, dan ketika Microsoft berhasil mendominasi pasar ia mempertahankannya sekuat tenaga. Ia mendapat reputasi sebagai orang yang menjauhkan diri dari sekitarnya; pada awal 1981 seorang eksekutif industri mengeluh kepada masyarakat bahwa "Gates terkenal karena tidak bisa dihubungi melalui telepon dan tidak membalas panggilan telepon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar