Senin, 15 April 2013

Carlos Slim Helu

Ada yang mengenal Carlos ??
mungkin jarang orang Indonesia mengenal Carlos Slim Helu. Untuk sekedar informasi bahwa Carlos adalah  orang paling kaya di muka bumi. Sebagai pemimpin perusahaan telekomunikasi Telmex dan America Movil dengan total kekayaan pada tahun 2013 mencapai US$ 73 milliar atau setara dengan Rp 707 trilliun.

Lahir di Mexico City tahun 1940 dari pasangan imigran Julian Slim Haddad dan Linda Helu. Merupakan anak ke 5 dari 6 bersaudara.
Pada tahun 1967 menikah dengan Soumaya domit dan mempunyai 6 orang anak yaitu Carlos Jr, Marco Antonio ,Patrick ,Soumaya Jr ,Vanessa , dan Johanna. Istri nya meninggal pada tahun 1999 dan sampai sekarang Carlos tidak menikah lagi.
Karir

Carlos belajar bisnis pada ayahnya ,bakat bisnis mulai muncul pada dirinya ketika dia membeli saham Mexican Bank pada umur 12 tahun. Ketika usianya 17 tahun dia telah mendapatkan 200 peso seminggu. Kuliah jurusan Teknik mesin sipil di National Autonomous University of Mexico. Carlos memulai karir menjadi sorang pedagang dan mendirikan perusahaan Broker. Perusahaan yang di kembangkan menjadi tempat investasi bisnis, dari jasa konstruksi, manufactur sampai membuka restoran.

Carlos muda
tahun 1965 membeli perusahaan Jarritos del sur, tahun berikutnya sudah mempunyai kekayaan US$ 40 juta. Konstruksi , Real Estate dan Pertambangan adalah bisni yang di fokuskan pada waktu itu.
Tahun 1976 Carlos membuka cabang dengan membeli 60 % saham pabrik percetakan. Tahun 1980 membentuk Grup Galas sebagai perusahan induk yang mencakup bisnis konstruksi , pertambanan ,ritel ,makanan , dan tembakau. Tahun 1982 Perekonomian meksiko mengandalkan ekspor minyak dan Carlos pun mulai membuka cabang perusahaan di sektor minyak.

Tahun 1988 menambahkan pabrik tembaga dan aluminium ke induk perusahaan nya. Tahun 1990 Grup Carlo yang penempatan saham nya terpusat di meksiko mulai merambah ke dunia Internasional. Dan pada tahun itu juga Carlos membeli perusahaan telekomunikasi Telmex dari Prancis untuk di kembangkan di meksiko, hingga pada akhirnya tahun 2006 90% jaringan telekomunikasi meksiko menggunakan Telmex.




29 maret 2007 Carlos melewati Warren Buffet sebagai orang terkaya nomor dua dengan total kekayaan US$ 53 milliar pada waktu itu.
8 agustus 2007 menjadi orang terkaya didunia menurut majalah forbes dengan mengalahkan Bill Gates.
2008 sd 2009 menjadi orang terkaya nomor 2 tepat di bawah Bill Gates
2010 s/d sekarang sebagai orang terkaya di dunia versi majalah forbes dengan total kekayaan US$ 73 milliar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar